Monday 8 August 2016

Jenis Sambungan Kayu

          tulisan ini merupakan kumpulan dari komen2 dari agan kaskuser yang ada di group woodworker. tulisan ini dibuat untuk kepentingan saya sendiri untuk belajar kembali di kala lupa dan juga untuk orang lain yang memerlukannya.
          sambungan kayu merupakan sambungan yang menggabungkan 2 buah kayu yang di sambungkan secara tegak lurus. sambungan biasanya menggunakan alat bantu ataupun tidak menggunakan alat bantu sehingga sambungan itu terlihat bagus atau terlihat siku (atau saya biasa menyebutya manis). bagi pemula biasa sambungan yang biasa digunakan yaitu sambungan mittre joint ataupun but joint. dikarenakan sambungan jenis ini merupakan jenis sambungan yang tidak membutuhkan alat bantu yang begitu mahal, hanya menggunakan gergaji manual dan paku sambungan ini bisa dibuat.

Sambungan Pada kayu di bagi menjadi beberapa macam diantaranya :

1. Butt Joint





     Sambungan butt joint merupakan sambungan yang biasa saya gunakan dikarenakan kemudahan dalam pembuatannya. untuk sambugan jenis dowel butt joint kita pertama tama membuat lubang yang sama besar di kedua sisi kayu yang akan kita sambung, lalu kita membuat stik kayu untuk di masukkan kedalam lubang yang kita buat, jumlah lubang yang ita buat tergantung dari dimensi kayu dan juga beban yang akan di salurkan dari sambungan tersebut, semakin besar bobot yang disalurkan dan semakin besar dimensi kayunya semakin besar juga lubang yang dibuat dan juga bisa 2 lebih banyak, 
    Jenis biscuit butt joint merupakan jenis sambungan butt joint yang paling mahal dikarenakan bentuk biscuit yang digunakan umumnya susah di buat (ada kita bisa beli yang sudah jadi) dan juga lubang yang dibuatnya lumayan rumit dalam pembuatannya (harus berbentuk kaya biskuit) menggunakan alat khusus (ada di jual juga) atau manual, metode ini merupakan sambungan yang saya jarang gunakan.
   Screw butt joint merupakan jenis sambungan yang sangat sering saya buat, dikarenakan kemudahannya dalam pembuatannya dan juga alat yang digunakan cukup scrup dan juga bor. tetapi dalam pembuatan sikunya harus memiliki keahlian khsus dikarenakan untuk pemula biasanya tidak begitu berbentuk siku, saya biasa untuk mengantisipasi nya menggunakan alat bantu berupa clamp siku atau clamp corner (biasa dijual di pasaran murah juga, 4 buah harganya 200ribu). dan juga scrup yang digunakan skrup yang memiliki kepala yang datar, atau type F namanya (kalau ga salah ya). seingga ketika kita bor maka posisi skrup itu sejajar sama permukaan kayu (tidak menonjol).
        Pocket hole butt joint metode pembuatan sambungan jenis ini rumayan sulit juga dan saya jarang menggunakannya dikarenakan dalam pembuatannya hasil yang dihasilkan malah merusak kayunya, sehingga dalam pembuatannya lebih bagus menggunakan alat bantu berupa pocket jig hole (ada yang jual juga, tapi sayang harganya mahal).

2. Lap Joint atau Overlap Joint



      jenis sambungan lap joint merupakan sambungan yang biasa digunakan oleh para pengrajin di indonesia, dulu biasanya tempat tidur dari jati biasanya menggunakan sambungan ini untuk menyatukan bagian dalamnya. biasanya jenis sambungan ini menggunakan gergaji jan juga pahat dalam pembuatan sambungannya.

3. Briddle Joint


4. Mitre Joint



jenis sambungan ini merupakan jenis sambungan yang biasa diguankan untuk pembuatan frame dikarenakan hasil dari sambungan ini lebih bagus dan juga mudah dengan dimensi kayu yang kecil.
biasanya bagian kayu dibuat sudut 45 derajat sehingga ketika disambung maka terbentuk sambungan siku. biasanya sambungan ini menggunakan mitre saw untuk memudahkan dalam pemotongan kayu yang presisi.

5. Finger Joint
      Jenis finger joint ini biasa dibuat menggunakan circular saw yang dimodifikasi sehingga mudah dalam pembuatannya. sekali menggergaji satu kaki dan lubang terbentuk. biasanya yang membedakannya yaitu penggunakan blade nya berupa dado.

6. Dove Tail Joint


     jenis sambungan ini merupakan jenis sambungan yang susah dalam pembuatannya, tetapi sambungan yang dihasilkan sangat bagus. sangat kuat.

7. Dado Joint.


pembuatan sambungan ini bisa menggunakan trimer yang di set untuk mengupas kayu sehingga kayu satunya lagi bisa masuk.

8. Mortise and Tenon



Terima Kasih.



Sumber

http://www.kaskus.co.id/thread/5610d56c48177ecf638b4569/teknik-pekerjaan-kayu-semua-kumpul-disini----woodworker-lounge/#



1 comment:

  1. Terima kasih atas tulisan nya, Boleh tau kalau beli dowel butt joint dimana dan istilah dalam bahasa indonesianya apa ya ?

    ReplyDelete