Saturday, 22 June 2013

anak sipil nyasar kerja di tambang batubara

waktu awal-awal kuliah sampe semester akhir ane ga kepikiran kalau ane bakal kerja di dunia tambang batubara,. dulu-dulu di pikiran ane kalau lulus nanti paling paling ane kerja di kontrktor, konsultan ataupun kerja di dinas PU (Pekerjaan Umum), terus kerjaan ane paling2 ga jauh-jauh dari bikin rumah, gedung tinggi, saluran air, bendungan, ataupun jembatan yang semuanya berhubungan dengan struktur ataupun keairan.
di sipil kan bisa dikelompokan kedalam 4 kategori study mulai dari struktur, hydro, transportasi, dan juga geoteknik. dari keempat study tersebut ane cuma berminat ama struktur ama hydro doang, tetapi soal geoteknik ama transport juga ga buta-buta amat sih kalau soal dasar-dasarnya sih ane masih ngerti,. tp ga secanggih ama struktur ama apalagi ama keairan. kalau soal keairan ane lebih banyak pahamnya deh..hehehee

nasib itu kadang kita ga tau apa yang akan terjadi, kita ga tau apa kita akan kerja pada bidang yang kita sukai ataupun engga disukai, itu semuanya kita ga tau. tapi kita harus menerima dan mensyukuri apa yang akan menjadi nasib kita itu.

sekarang ane punya karir di dunia tambang batubara yang jauh dari bayang-bayang ane selama ini. dulu sih emeng pernah berpikir untuk kerja di batubara juga tetapi nantinya pengen masuk di bagian kontruksinya. tetapi keinginan dengan kenyataan ga berjalan beriringan.

sekarang karir ane dan karir kedapannya ada di tambang batubara khususnya dibidang geoteknik. bidang yang dulu ketika kuliah ga terlalu suka tetapi yaa masih ngerti lah apa yang kita pelajari di bidang itu, nilai matakuliah di bidang itu pun yaa bagus lah mulai dari mekanika tanah 1&2 terus teknik fondasi, mekanika batuan,dan banyak lagi lah,...

geoteknik di tambang ama di kontruksi itu lumayan berbeda tetapi pada dasarnya sama. geoteknik di tambang itu lebih ke geologi nya,. jadi pertama ane masuk kerja di tambang batu bara, ane belajar dulu ama soal geology, mulai dari cara mendeskrifsikan batuan, cara pengambilan data, dan juga tau jenis-jenis batuan ama sifat-sifat batuannya, jenis-jenis batuan di geology itu lebih komplek dari pada jenis batuan yang kita kenal selama kuliah di teknik sipil.

sekarang ane sangat menikmati dengan kerjaan ane sekarang, ane banyak banget ilmu yang baru di dapat, tantangan kerja di dunia tambang sangat menantang, dan seorang geotech engineer tu sangat menjual banget buat kedepannya ...

3 comments:

  1. Mantap tuh gan dunia tambang.
    Saya juga gak nyangka akan terus (sampai saat ini) bekerja di bidang konstruksi. Padahal jalurnya jadi guru. Tapi, ya, ngertilah kan dulu juga belajar walau gak mendalam. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa gan, yang penting kita mencitai pekerjaan kita gan,.sukses gan

      Delete