Friday, 10 June 2016

Jenis - Jenis Gergaji

Gergaji memiliki beragam jenis dan fungsi, ada yang khsus memotong kayu, tripleks, besi atau pipa. Salah memilih jenis gergaji bisa membuat potongan jelek, macet, bahkan mata gergaji cepat tumpul dan patah. Tampilan gergaji pemotong kayu umumnya besar dengan mata gergaji kasar dan jarak antaramata gergaji renggang. Sementara gergaji pemotong besi memiliki mata gergaji yang lebih halus dengan jarak antar mata gergaji yg lebih rapat.

1.1.1       Coping Saw

Jenis gergaji coping saw dapat digunakan untuk memotong bentuk-bentuk rumit pada bagian yang sempit pada tripleks dan papan. Mata gergaji coping saw kecil, tipis dan tajam.

1.1.2       Handsaw

Gergaji pemotong dan pembelah balok kayu disebut handsaw atau ripsaw. Gergaji kayu ini dirancang untuk memotong kayu dengan jalur urat searah. Mata kayu jika tumpul bisa di asah dengan kikir khusus

1.1.3       Crosscut Saw

Jenis crosscut saw digunakan untuk memotong kayu secara melintang. Gergaji ini mempunyai gigi penyeimbang yang lebih kecil. Untuk berbagai pekerjaan, para tukang biasanya menggunakan crosscut nomor 8.

1.1.4       Backsaw

Gergaji jenis backsaw yang berukuran kecil sangat tepat jika dipakai untuk membuat potongan diagonal seperti membuat sambungan bingkai foto atau lemari.

1.1.5       Keyhole Saw

Keyhole saw berukuran kecil dan didesain khusus untuk memotong bagian-bagian yang sempit.

1.1.6       Hacksaw

Hacksaw adalah gergaji khusus pemotong logam yang dapat dipakai memotong pastik atau pipa keras. Mata gergaji halus dan jarak antar mata gergaji pun rapat.

1.1.7       Jig Saw

Jig saw adalah gergaji mesin yang digunakan untuk memeotong atau menggergaji (kebanyakan kayu) dengan bentuk apa saja mulai dari bentuk kurva yang melengkung-lengkung hingga yang lurus-lurus.  Bentuknya kecil dan dapat dipegang dengan satu tangan. Mata gergaji bergerak bolak balik (naik turun). Mesin gergaji ini umumnya memiliki pisau gergaji dengan  panjang antara 300 mm sampai 900 mm dengan ketebalan 1.25 mm sampai 3 mm dengan jumlah gigi rata-rata antara 1 sampai 6 gigi per inchi dengan material HSS
Kelebihan mesin gergaji jigsaw :
ü  Dapat bergerak ke kiri kanan atau zigzag dan melingkar
ü  Daya listrik mesin umumnya lebih kecil dibandingkan gergaji circular
ü  Selain untuk kayu dapat juga digunakan untuk memeotong material lain seperti : besi, PVC, akrilik tergantung mata pisau yang digunakan.
ü  Umumnya memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan gergaji circular.
Kelemahan mesin gergaji jigsaw :
ü  Bila digunakan untuk memotong secara lurus dan cukup panjang, dan berulang ulang maka penggunanaan mesin ini memakan waktu yang lebih lama dibandingkan circular saw.
ü  Mata pisau lebih cepat mudah patah, sehingga frekuensi penggantian mata lebih cepat dibandingkan dengan circular saw.

1.1.8       Circular Saw

Circular saw adalah gergaji mesin yang proses pemotongan dilakukan dengan kondisi benda kerja tetap, blade atau alat potong berputar pada sumbu horizontal dengan kecepatan tertentu untuk menghasilkan kecepatan pemotongan, kecepatan pemakanan juga dihasilkan dari gerakan mendatar dari perkakas potong, ini dihasilkan dengan mendorong handle pemakanan yang terikat pd rumah spindle.
Diameter piringan gergaji dapat mencapai 200 mm sampai 400 mm dengan ketebalan 0.5 mm dengan ketelitian gerigi keliling piringan memiliki ketinggian antara 0.25 mm sampai 0.5 mm.






Berikut beberapa jenis-jenis gergaji yang saya ketahui. Sumber –sumber dari tulisan ini yaitu kumpulan dari beberapa tulisan yang tersebar di google dan saya kumpulkan menjadi sebuah tulisan yang utuh.


Bontang, 10 Jjuni 2016




2 comments: