Tuesday 31 May 2016

Test Pekerjaaan Di Tambang Batubara

         pengalaman test pekerjaan di dunia pertambangan dimulai 3 tahun yang lalu, tepatnya bulan oktober 2012. pada saat ini posisi saya belum wisuda tetapi udah memiliki SKL surat keterangan lulus dari jurusan kalau ga salah. jd ga da salahnya kan ya untuk mengikuti test lowogan pekerjaan di Tambang Batubara.
      info lowongan di dapat dari info teman kampus kalau ada pendaftaran lowongan pekerjaan untuk jurusan teknik sipil .
       tahap pertama yang dilakukan adalah pengumpulan berkas yang dikirmkan lewat email. pada tahap ini kita sebagai pencari pekerjaan harus teliti berkas2 yang harus disiapkan dan dikirim.  berkas berkas yang disiapkan diantaranya CV, Surat keterangan lulus, dan juga Photo. (tips : alangkah baiknya berkas2 dikirim jauh jauh hari sebelum deadline soalnya pengalaman biasanya berkas tidak bisa dikirim dikarenakan email penerima telah penuh). jika berkas berkas kita udah komplit dan sesuai dengan yang dibutuhkan maka kita akan menerima pemberitahuan kelulusan pada tahap administrasi biasnya pengumuman administrasi memekan waktu 1-2 minggu.
       setelah kita dinyatakan lulus maka tahap selanjutnya yaitu tahap psikotes. pada tahap ini peserta diwajibkan untuk mengerjakan soal psikotes yang sangat banyak. (Tips : untuk mengikuti test ini bagusnya latihan dulu di rumah menggunakan buku test psikotes yang dijual2 di toko buku) test ini menguras tenaga dikarenakan waktu yang dibutuhkan sangat lama sehingga diperlukan daya tahan tubuh yang prima (Tips dianjurkan untuk makan terlebih dahulu).
      tahap selanjutnya setelah psikotes yaitu FGD yaitu diskusi kelompok, di dalam diskusi kelompok ini buka di cari siapa yang banyak mengeluarkan pendapat tetapi siapa yang pendapatnya itu ngemong (bahasa indonesianya apa ya..mmmhhhh) ya bisa diartikan kita itu diposisikan sebagai pemimpin dalam situasi meeting dimana didalamnya terdapat perdebatan yang alot. (mungkin bisa diartikan seperti itu tujuan FGD, mungkin HR lebih tau soal ini).
    setelah tahapan FGD tahapan selanjutnya yaitu wawancara HR, dimana wawancara ini pihak HR dari perusahaan tersebut menanyakan mengenai CV yang kita kirimkan, cross cek lagi. dan biasanya di tanya juga berapa gaji yang diharapkan. 
    setelah wawancara HR dilanjutkan oleh wawancara USER, dimana user ini adalah atasan kita langsung nanti ketika diterima kpada saat kerja.
   setelah wawancara USER dilanjut test bahasa inggris yang dilakukan oleh pihak ketiga.
  dan yang terakhir adalah test kesehatan. pada test kesehatan ini di harapka untuk sering2 minum air putih dan harus puasa 1 malam sebelumnya.

Note : proses seleksi pegawai baru di pertambangan, memakan waktu yang sangat lama, sehingga di harapkan untuk bersabar.

Terima kasih
Bontang, 1 Juni 2016



0 komentar:

Post a Comment